9 Kelebihan dan Kekurangan ITEL S23, Rajanya HP Sejutaan?!

By | 27 Mei 2023

Kelebihan dan Kekurangan ITEL S23

Kelebihan dan Kekurangan Itel S23 – Harga terjangkau untuk sebuah ponsel berkualitas memang menjadi keinginan banyak orang. Kabar baiknya, kini ada Itel S23 4G yang dibanderol hanya sekitar 1,3 jutaan. Ponsel ini merupakan salah satu produk unggulan dari Itel, sub-brand dari Infinix yang dikenal menyediakan ponsel dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga yang ekonomis.

Itel S23 menawarkan berbagai kelebihan yang sulit kita percaya dengan smartphone lainya dengan harga yang sebanding. Dibandingkan dengan ITEL P40 yang baru-baru ini kami ulas, perbedaan harganya hanya sekitar 200 ribu rupiah. Namun, ponsel ini mampu memberikan spesifikasi dan fitur yang lebih mengagumkan. Itel S23 tidak hanya mengandalkan penampilan fisik yang biasa-biasa saja, melainkan juga menawarkan performa yang memukau. Bikut sukangulik.com akan memberikan ulasan ekslkusif hanya untuk anda.

Review Lengkap Spesifikasi dan Fitur ITEL S23

Desain yang Menarik

Desain ponsel ini memang tampak biasa dengan body dan frame polimer serta layar dengan water drop notch dan bezel. Permukaan punggungnya yang glossy mirip dengan kaca juga tidak terlalu berbeda dengan ponsel sejutaan lainnya di segmen yang sama. Namun, satu kelebihan yang perlu disyukuri adalah penggunaan port USB-C yang lebih modern dibandingkan dengan micro USB yang sering digunakan pada ponsel lain dengan harga serupa.

Desain <yoastmark class=

Desain Itel S23

Layar Smooth

Salah satu hal yang menarik dari ponsel ini adalah kualitas animasi yang ditampilkan di layarnya. Layar S23 bukanlah layar biasa dengan refresh rate 60 Hz, melainkan layar dengan refresh rate 90 Hz. Meskipun resolusinya HD+ dan kecerahannya tidak terlalu tinggi, warna yang dihasilkan cukup oke. Yang lebih penting, animasinya berjalan dengan sangat mulus. Pada harga sekelas ini, performa seperti ini sudah jarang ditemui.

Layar ITEL A23

Layar ITEL A23

Performa

Selain itu, chip yang digunakan pada Itel S23 juga tidak kalah menarik. Jika Anda masih ingat dengan chipset Unisoc SC9863I yang digunakan pada Itel P40, pada Itel S23, Anda akan mendapatkan chipset Unisoc Tiger T606 yang lebih kuat dan efisien. Dengan fabrikasi 12 nanometer, chipset ini mampu menghadirkan performa yang lebih baik. Kami telah mencoba melakukan multitasking dan menggunakan fitur split screen, semuanya berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Loading game pun juga cepat dan responsif. Ponsel ini bahkan mampu menjalankan game Genshin Impact dengan pengaturan terendah tanpa mengalami lag. Kami juga tidak menyangka bahwa ponsel ini mampu menjalankan game Homescapes dan Star Realms dengan pengaturan rendah dan frame rate yang baik. Itu termasuk dalam kategori game yang lebih berat, sehingga bisa dikatakan bahwa chipset Tiger T606 ini lebih mumpuni untuk segmen entry level.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Suara Nyangkut di Story WhatsApp iPhone

Selain itu, Itel S23 juga menawarkan kombinasi RAM dan penyimpanan yang luar biasa untuk harga sejutaan. Ponsel ini dilengkapi dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 28 GB, dengan tambahan bonus virtual RAM 16 GB. Hal ini cukup mengesankan, karena jarang sekali ponsel dengan harga serupa yang menawarkan spesifikasi sebesar ini. Anda bisa memiliki ponsel dengan RAM besar untuk menjalankan aplikasi dan game dengan lancar, serta menyimpan banyak foto, video, dan file lainnya.

Performa <yoastmark class=

Performa Itel S23

Antutu Benchmark

Berdasarkan hasil AnTuTu v9 benchmark UNISOC T606 mencatat skor 178.471. Sementara itu, dalam pengujian GeekBench 5, skor yang tercatat adalah 309 untuk single-core dan 1.175 untuk multi-core. Nanoreview juga menyediakan data pengujian menggunakan 3DMark Wild Life dengan skor 411 yang berhasil dicapai. Yang menarik, Itel S23 juga memiliki kecepatan transfer data yang baik. Meskipun kapasitas penyimpanannya hanya 28 GB, kecepatan transfer data mencapai 600 hingga 800 Mbps dalam benchmark. Hal ini menandakan bahwa ponsel ini menggunakan teknologi penyimpanan UFS, yang menjamin responsivitas aplikasi dan penggunaan yang lancar. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir tentang keterbatasan penyimpanan pada ponsel ini, terutama dengan dukungan RAM yang besar. Jika Anda masih membutuhkan ruang penyimpanan tambahan, Anda juga dapat menggunakan kartu microSD.

Baca Juga:

Fitur

Dalam hal sensor, Itel S23 dilengkapi dengan sensor lengkap seperti gyroscope, kompas, dan proximity. Namun, sayangnya tidak ada fitur NFC pada ponsel ini. Tapi wajar saja karena umunya fitur NFC bisa kita temukan pada smartphone dengan kisaran harga 2juta keatas.

Kamera

Pada bagian kamera, ponsel ini menawarkan kamera utama 50 MP. Meskipun tidak diketahui jenis sensor yang digunakan, ukurannya sekitar 2,8 inci dengan teknologi super sampling yang menghasilkan gambar dengan resolusi 12 MP. Ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera depth sensor untuk efek bokeh dan tidak memiliki modul ultra wide. Secara keseluruhan, hasil foto yang dihasilkan cukup tajam dan enak dilihat, terutama dalam kondisi pencahayaan yang cukup terang. Namun, perlu diingat bahwa dalam kondisi pencahayaan rendah tanpa coating yang baik, flare bisa muncul. Untuk mengatasi ini, ponsel ini dilengkapi dengan mode malam yang membantu dalam kondisi cahaya rendah. Namun, hasil foto potret mungkin memiliki batasan pada kondisi pencahayaan yang sangat gelap.

Baca Juga  7 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12: Review Paling Mengejutkan!

 

Hasil Foto Kamera Belakang ITEL S23

Hasil Foto Kamera Belakang

 

Hasil Foto Kamera Belakang Lowlight ITEL S23

Hasil Foto Kamera Belakang Kondisi Lowlight 

Meskipun terdapat beberapa fitur menarik pada kamera, sayangnya tidak ada fitur AIS saat merekam video. Hal ini mungkin dikarenakan chipset yang digunakan tidak mendukung fitur tersebut. Ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera depan 8 MP dan LED Flash depan yang mirip dengan ponsel Infinix. Meskipun demikian, ponsel ini tetap memberikan pengalaman yang memuaskan dalam pengambilan foto dan video pada kisaran harga satu jutaan.

Hasil Foto Kamera Depan <yoastmark class=

Hasil Foto Kamera Depan

Baterai

Namun, perlu diingat bahwa Itel S23 mengorbankan sektor baterai untuk menjaga harga terjangkau. Meskipun memiliki kapasitas baterai 5000 mAh yang cukup besar, ponsel ini hanya mendukung pengisian daya 10 watt. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam 40 menit untuk mengisi baterai dari 10% hingga penuh. Mengenai daya tahan baterai, kami belum dapat memberikan data yang valid karena unit yang kami gunakan belum terdaftar IMEI dan tidak mendapatkan sinyal.

 

Kelebihan dan Kekurangan Itel S23

Itel S23 memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Berikut adalah rangkuman dari kelebihan dan kekurangan Itel S23:

Kelebihan Itel S23:

1. Harga Terjangkau

Salah satu kelebihan utama ponsel ini adalah harganya yang sangat terjangkau, menjadikannya pilihan yang ekonomis untuk pengguna dengan anggaran terbatas.

2. Layar dengan Refresh Rate Tinggi

Layar Itel S23 menawarkan refresh rate 90 Hz, memberikan pengalaman visual yang lebih halus dan responsif, terutama saat menjalankan aplikasi yang membutuhkan gerakan cepat.

3. Kombinasi RAM dan Penyimpanan yang Besar

Dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB, Itel S23 menyediakan ruang yang cukup besar untuk menjalankan berbagai aplikasi dan menyimpan file multimedia.

Baca Juga  Perang Hape 3 Jutaan Terbaik Antara Infinix Zero 5G vs Poco X5

4. Kamera yang Relatif Tajam

Meskipun merupakan ponsel dengan harga terjangkau, Itel S23 memiliki kamera utama 50 MP yang menghasilkan gambar yang tajam dan jelas. Hal ini membuatnya cocok untuk mengabadikan momen-momen penting dalam kehidupan sehari-hari.

5. Desain yang Menarik

Meskipun tidak terlalu berbeda dengan ponsel sejutaan lainnya, Itel S23 memiliki desain yang cukup menarik dengan permukaan punggung yang glossy, memberikan tampilan yang elegan dan mewah.

Kekurangan Itel S23 :

1. Pengisian Daya yang Lambat

Meskipun memiliki kapasitas baterai yang cukup besar, Itel S23 hanya mendukung pengisian daya 10 watt, yang menyebabkan waktu pengisian baterai menjadi lebih lama daripada dengan ponsel lain yang mendukung pengisian daya yang lebih cepat.

2. Tidak Ada Fitur NFC

Sayangnya, Itel S23 tidak memiliki fitur NFC. Fitur ini umumnya berguna untuk pembayaran nirkontak dan transfer data cepat antar perangkat.

3. Tidak Ada Fitur AIS saat Merekam Video

Ponsel ini tidak mendukung fitur AIS (Artificial Intelligence Stabilization) saat merekam video, yang dapat menghasilkan video yang lebih stabil dan bebas dari guncangan.

4. Keterbatasan dalam Kondisi Pencahayaan Rendah

Meskipun kamera Itel S23 menghasilkan foto yang tajam dalam kondisi pencahayaan yang baik, hasilnya mungkin terbatas dalam kondisi pencahayaan rendah, terutama tanpa adanya perlindungan terhadap flare saat menghadapi cahaya yang terang.

 

Kesimpulan

Namun demikian, dengan harga yang saat ini terpampang di platform belanja online seperti Shopee, yaitu sekitar 1,3 jutaan, Itel S23 menawarkan kombinasi chipset yang baik, layar dengan refresh rate 90 Hz, memori yang besar, dan kamera yang relatif tajam. Strategi Itel dalam menyajikan ponsel S23 ini dengan harga yang sangat terjangkau adalah langkah yang baik untuk menarik sebanyak mungkin pengguna. Semoga saja, pelayanan purna jual dari Infinix semakin baik, termasuk dalam hal pembaruan perangkat lunak.

Dengan adanya Itel S23 ini, harga satu jutaan dapat menjadi standar baru dalam memilih ponsel entry level. Jadi, jangan ragu untuk mempertimbangkan Itel S23 ketika Anda mencari ponsel dengan harga terjangkau namun tetap menawarkan performa yang memuaskan. Tetaplah mengikuti perkembangan terbaru di dunia teknologi, karena siapa tahu ada penawaran menarik lainnya di masa mendatang.

Baca Juga:

Referensi: https://www.youtube.com/watch?v=wllmVD86JBc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *