Monitor 24 Inchi FHD 100 Hz Sekarang Cuma 1.4 Juta!!! – Samsung S24C330

By | 10 Desember 2023

Monitor Samsung S24C330

Sukangulik – Samsung, meskipun telah sangat bersaing di pasar monitor high end dengan G8 dan G9 OLED-nya, mereka tetap ingin bersaing di pasar entry level, khususnya di 24 inch full HD 100 Hz. Sebelumnya, sudah ada Acer K243YE dan ViewSonic VA2432H dengan harga sekitar 1,4 juta. Sekarang, Samsung juga merilis monitor dengan desain estetis yang harganya setara dengan kedua pesaingnya. Seberapa menarikah monitor terbaru keluaran samsung berikut ini? simak selengkapnya di artikel kelebihan dan kekurangan Monitor Samsung S24C330

Review Monitor Samsung S24C330

Merakit Monitor dengan Mudah

Merakit monitor ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Cukup masukkan tiang ke dalam kakinya, kencangkan dengan skrup yang disediakan, dan tempelkan tiangnya ke belakang monitor. Meskipun build quality-nya menggunakan plastik, proses perakitan cukup sederhana. Sayangnya, monitor ini tidak fleksibel dan tidak dapat diatur ketinggiannya.

Desain Elegan dengan Bazel Tipis

Monitor ini memiliki desain yang cukup elegan dengan tiga sisi bezel-less dan bezel yang agak tebal di bagian bawah. Logo Samsung yang cukup “stealthy” memberikan tampilan yang berseni, mirip dengan Acer K243EE dan ViewSonic VA2432H.

Spesifikasi yang Mengesankan

Dari segi spesifikasi, monitor ini menawarkan 100% sRGB, teruji dengan hasil sRGB mencapai 98%, Adobe RGB 76%, dan DCI-P3 79%. Dengan brightness sekitar 300 nits, monitor ini cocok untuk ruangan yang cukup terang seperti kantor. Panel IPS dengan refresh rate hingga 100 Hz membuatnya lebih cocok untuk pengalaman gaming dibandingkan monitor 60 atau 75 Hz.

Baca Juga  Sejarah Lengkap Komputer Generasi Pertama - Kelima

Pengujian Motion Blur dan Preset Blur

Monitor ini dilengkapi dengan empat preset untuk mengatur blur atau ghosting di layar, dari standar, faster, fastest, hingga extreme. Pengujian motion blur menunjukkan hasil yang memuaskan, terutama pada settingan fastest untuk gaming. Meskipun ada sedikit ghosting pada settingan extreme, pengalaman gaming masih tetap memuaskan.

Hemat Energi dan Fitur Tambahan

Monitor ini menawarkan konsumsi daya yang hemat, terutama pada tingkat brightness yang lebih rendah. Dengan harga sekitar 1,4 juta, monitor ini memberikan nilai yang cukup baik meskipun tidak seergonomis pesaingnya. Kemampuan FreeSync dan respon time 1ms membuatnya layak dipertimbangkan untuk penggunaan gaming.

Kelebihan dan kekurangan Monitor Samsung S24C330

JANGAN SALAH PILIH!: Daftar Monitor Terbaik 1 Jutaan 

Kelebihan dan kekurangan Samsung S24C330

Kelebihan:

  1. Harga yang Kompetitif: Dengan harga sekitar 1,4 juta, monitor ini memberikan nilai yang baik, membuatnya menjadi pilihan menarik bagi konsumen dengan anggaran terbatas.
  2. Spesifikasi yang Solid: Dengan spesifikasi seperti 100% sRGB, hasil pengujian yang mengesankan untuk sRGB, Adobe RGB, dan DCI-P3, serta refresh rate 100 Hz, monitor ini menawarkan kinerja yang baik untuk pengalaman gaming dan penggunaan sehari-hari.
  3. Desain Estetik: Desain bezel-less pada tiga sisi dan bezel tipis memberikan tampilan yang elegan dan modern. Logo Samsung yang disebut sebagai “stealthy” juga memberikan sentuhan estetis yang baik.
  4. Pengujian Motion Blur yang Memuaskan: Dilengkapi dengan empat preset untuk mengatur blur atau ghosting, monitor ini memberikan pengalaman gaming yang memuaskan terutama pada settingan tercepat.
  5. Hemat Energi: Dengan konsumsi daya yang hemat, terutama pada tingkat brightness yang lebih rendah, monitor ini dapat membantu mengurangi biaya energi dalam jangka panjang.
  6. Fitur FreeSync dan Respon Time 1ms: Keberadaan fitur FreeSync dan respon time 1ms membuat monitor ini cocok untuk penggunaan gaming, memberikan pengalaman tanpa tearing dan motion blur yang minim.
Baca Juga  Mengupas Tuntas 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 34 Inch Curved

Kekurangan:

  1. Build Quality Kurang Memuaskan: Meskipun proses perakitan cukup sederhana, build quality menggunakan plastik dan monitor ini tidak fleksibel. Ini bisa menjadi kekurangan terutama bagi mereka yang mencari monitor dengan kekuatan fisik yang lebih tinggi.
  2. Keterbatasan Ergonomi: Monitor ini tidak dapat diatur ketinggiannya dan kurang fleksibel, sehingga pengaturan ergonomi terbatas. Ini bisa menjadi kendala bagi pengguna yang menginginkan fleksibilitas dalam penyesuaian posisi monitor.
  3. Ghosting pada Settingan Extreme: Meskipun pengalaman gaming memuaskan pada settingan tercepat, terdapat sedikit ghosting pada settingan extreme, yang bisa mengganggu beberapa pengguna yang mengutamakan kualitas visual.
  4. Desain masih mirip dengan pendahulunya, meskipun desain dari monitor ini sudah cukup bagus namun akan lebih terasa fresh apabila ada pembaruan desain sehingga tidak mirip dengan monitor pendahulunya.

 

Kesimpulan dan Pertimbangan Harga

Meskipun spesifikasinya sudah cukup menggiurkan, ada beberapa kekurangan seperti build quality yang kurang memuaskan dan keterbatasan ergonomi. Namun, dengan harga yang kompetitif, monitor ini masih menjadi pilihan menarik, terutama untuk mereka yang mencari pengalaman gaming yang lebih baik tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Dengan munculnya monitor 24 inch full HD 100 Hz di kisaran harga 1,4 juta, tampaknya harga monitor full HD 75 Hz harus turun lebih lanjut. Meskipun begitu, Samsung S24C330 memberikan nilai tambah dengan spesifikasi yang solid dan pengalaman gaming yang memuaskan, membuatnya patut dipertimbangkan oleh konsumen di pasar entry level. Bagaimana menurut Anda? Apakah monitor ini cukup bersaing dengan opsi lain di pasar? Beri pendapat Anda di kolom komentar di bawah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *