Penjelasan Lengkap Apa Itu SDUC Beserta Kelebihan dan Kekurangannya!

By | 3 Juni 2023
SDUC

SDUC

Secure Digital Ultra Capacity ( SDUC )Berbagai bentuk dan kasta SD Card (Secure Digital Card) telah menemani kita semua sejak beberapa puluh tahun terakhir. Baik itu untuk menambah memori HP, menyimpan foto dan video di kamera, atau bahkan menambah storage di tablet atau laptop yang ada di sekitar kita. Namun, dengan adanya SD card 128GB saat ini, memiliki pengaruh yang kecil untuk dapat memenuhi kebutuhan menyimpan game, foto, video 4K, dan lain sebagainya. Apakah standar penggunaan SD saat ini akan cukup untuk beberapa tahun ke depan?

Tidak lama lagi, kemungkinan kita akan menyambut SD card generasi baru, yaitu SDUC atau Secure Digital Ultra Capacity. SD Card ini banyak yang mengenal sebagai standar flash memory card yang paling populer di dunia. Tak hanya itu, SD card juga telah melalui sejarah yang cukup panjang selama lebih dari 22 tahun terakhir. Sebagai penerus standar MMC yang dirilis pada tahun 1997, standar SD card awalnya berkembang melalui kolaborasi antara SanDisk, Panasonic, dan Toshiba pada awal tahun 2000.

 

Sejarah SD Card (Secure Digital Card)

Pada awalnya, SD card hanya memiliki kapasitas 32 hingga 64 GB, jauh lebih kecil dibandingkan dengan micro SD saat ini yang bisa memiliki kapasitas hingga 1 terabyte. Bahkan, sudah ada prototipe micro SD 2 terabyte yang dibuat. Namun, jika kita melihat diagram ini, selama 23 tahun terakhir, memory card SD telah mengalami tiga kali pergantian standar. Pertama adalah SD card berbasis file sistem FAT12 atau FAT16 yang hanya bisa mencapai kapasitas 2 gigabyte. Kemudian, SD card berbasis file sistem FAT32 yang bisa menampung hingga 32GB. Standar terbaru sejak tahun 2010 disebut SD Extended Capacity atau SDXC yang dapat mengakomodasi kapasitas hingga 2 terabyte.

Saat ini, ada berbagai standar kecepatan SD yang dipenuhi, mulai dari kelas 10, meskipun sudah ada standar UHS3 dan UHS-I Express. Namun, hingga saat ini, perangkat-perangkat, terutama kamera, yang mendukung standar ini masih sangat jarang. Oleh karena itu, kecepatan baca tulis SD card UHS2 yang tersedia luas di pasaran saat ini terbatas pada sekitar 300 megabyte per detik, yang sudah optimal untuk perekaman video 4K dengan bitrate tinggi. Bahkan, video 8K yang cenderung diminati oleh konsumen juga semakin meningkat ukurannya.

Baca Juga  8 Jenis Penyimpanan Komputer Yang Wajib Kamu Tahu!

Saat ini, banyak ponsel yang bisa digunakan untuk merekam video berukuran foto dari kamera yang semakin besar, serta berbagai kebutuhan konten kreator lainnya yang sangat membutuhkan data. Namun, masalahnya adalah standar SD saat ini terbatas pada kapasitas 2 terabyte. Lalu, apakah perkembangan kapasitas SD card terpaksa berhenti setelah itu? Tentu saja tidak.

 

Apa Itu SDUC?

SD Association telah menetapkan standar baru yang dengan penamaan Secure Digital Ultra Capacity, yang memiliki kapasitas hingga 128 terabyte. Kapasitas ini secara praktis 64 kali lebih besar daripada SD card sebelumnya. Bayangkan saja seberapa banyak data yang dapat disimpan dalam SD card berkapasitas 128 terabyte. Namun, perlu diingat bahwa untuk mengadopsi standar baru ini, diperlukan perangkat host yang mendukung memori ini. Perangkat yang hanya mendukung SD standar tidak dapat membaca SDUC. Misalnya, HP atau kamera yang hanya mampu menampung SD 32GB tidak akan bisa membaca memory card SD 64GB atau 128GB. Namun, tidak masalah jika sebaliknya terjadi. Misalnya, jika ada kartu micro SD atau SD yang masuk ke dalam perangkat host yang mendukung SDUC, itu tidak menjadi masalah.

Contoh SD Card

Contoh SD Card

Apakah teknologi flash memory saat ini sudah memungkinkan untuk membuat SD card dengan kapasitas di atas 2 terabyte? Jawabannya saat artikel ini dibuat adalah belum, karena belum ada memory card dengan kapasitas di atas 1 terabyte yang sudah ada di pasaran. Jika pun ada yang menemukan, mungkin itu palsu atau bohongan. Jangan sampai terkecoh atau menjadi korban penipuan. Pastikan untuk membeli di toko resmi seperti SanDisk. Saya periksa dan untuk mendapatkan kapasitas 1 terabyte, harganya hampir 2 juta rupiah, yang merupakan harga yang cukup fantastis.

Jadi, meskipun saat ini belum ada SDUC yang tersedia pada pasaran, dengan perkembangan kepadatan penyimpanan flash yang meningkat dua kali lipat setiap 2 hingga 4 tahun, jika tahun ini sudah ada prototipe SD card 2 terabyte, maka paling cepat tahun 2025 kita dapat mengharapkan produk SDUC pertama yang dijual di pasaran dengan harga yang pastinya sangat fantastis.

Baca Juga  Jangan Salah Pilih! Perbedaan Kecepatan SSD SATA 2.5, mSATA, M.2 SATA, dan M.2 NVMe

 

Perbedaan antara SDUC dan SD Card

Jenis SD Card

Jenis SD Card

Perbedaan antara SDUC (Secure Digital Ultra Capacity) dan SD Card (Secure Digital Card) biasa terletak pada kapasitas penyimpanan yang dapat diakomodasi oleh keduanya. Berikut adalah beberapa perbedaan utama:

1. Kapasitas

SD card biasa memiliki batasan kapasitas maksimum sekitar 2 terabyte (tergantung pada penggunaan standar), sedangkan SDUC memiliki kapasitas maksimum yang jauh lebih besar, yaitu hingga 128 terabyte. Ini berarti SDUC dapat menyimpan jumlah data yang jauh lebih besar daripada SD card biasa.

2. Kompatibilitas

SDUC membutuhkan perangkat host yang mendukung standar SDUC untuk dapat membaca dan menggunakan kartu SDUC. Perangkat yang hanya mendukung standar SD card biasa mungkin tidak dapat membaca atau mendukung SDUC. Namun, sebaliknya, SDUC dapat kamu gunakan pada perangkat host yang mendukung standar SD card biasa.

3. Kecepatan

Meskipun kecepatan transfer data bisa bervariasi tergantung pada spesifikasi tertentu, SDUC umumnya memiliki kecepatan transfer yang lebih tinggi daripada SD card biasa. Ini berarti proses mentransfer data ke dan dari SDUC dapat dilakukan dengan lebih cepat.

4. Harga

Karena kapasitas penyimpanannya yang jauh lebih besar, SDUC cenderung memiliki harga yang lebih tinggi daripada SD card biasa. SDUC juga mungkin sulit kamu temukanpada pasaran pada saat ini, sehingga ketersediaannya dapat mempengaruhi harga.

Kelebihan dan Kekurangan SDUC

SDUC (Secure Digital Ultra Capacity) memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah beberapa poin penting terkait kelebihan dan kekurangan SDUC :

Kelebihan SDUC

1. Kapasitas penyimpanan yang besar

SDUC dapat menyimpan data hingga 128 terabyte, yang jauh lebih besar daripada SD card biasa. Ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan jumlah data yang sangat besar, termasuk file multimedia berkualitas tinggi, koleksi musik, video, dan banyak lagi.

2. Kecocokan dengan kebutuhan profesional

SDUC cocok untuk pengguna yang membutuhkan penyimpanan data yang besar, seperti fotografer profesional, videografer, pembuat konten, dan pengguna dengan kebutuhan penyimpanan data yang tinggi. Ini memungkinkan mereka untuk mengambil dan menyimpan foto dan video berkualitas tinggi dalam jumlah besar tanpa khawatir kehabisan ruang.

Baca Juga  8 Jenis Penyimpanan Komputer Yang Wajib Kamu Tahu!

3. Kinerja tinggi

SDUC umumnya memiliki kecepatan transfer yang lebih tinggi daripada dengan SD card biasa. Ini memungkinkan transfer data yang lebih cepat, terutama saat mentransfer file besar atau merekam video dengan bit rate tinggi.

4. Kompatibilitas mundur

SDUC dapat kamu gunakan pada perangkat host yang mendukung standar SD card biasa. Meskipun perangkat host yang lebih lama mungkin tidak mendukung memori ini secara penuh, pengguna masih dapat menggunakan memori ini pada perangkat tersebut dengan membatasi kapasitas yang tersedia.

 

Kekurangan SDUC

1. Ketersediaan dan harga

SDUC masih relatif baru di pasaran, sehingga mungkin belum tersedia secara luas dan dapat sulit kamu temukan. Selain itu, memori ini juga cenderung memiliki harga yang lebih tinggi daripada dengan SD card biasa, mengingat kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar.

2. Keterbatasan kompatibilitas

Meskipun SDUC dapat kamu gunakan pada perangkat host yang mendukung SD card biasa, perangkat host yang lebih lama mungkin tidak dapat sepenuhnya mendukung memori ini. Hal ini dapat membatasi kemampuan pengguna untuk menggunakan seluruh kapasitas jenis memori pada perangkat tersebut.

3. Overkill untuk penggunaan biasa

Bagi pengguna yang tidak memerlukan kapasitas penyimpanan yang sangat besar, SDUC mungkin terlalu berlebihan dan tidak ekonomis. SD card biasa dengan kapasitas yang lebih rendah dapat memenuhi kebutuhan penyimpanan sehari-hari dengan harga yang lebih terjangkau.

 

Kesimpulan

Dengan demikian, SDUC merupakan solusi penyimpanan yang sangat besar dan dapat menjadi pilihan bagi mereka yang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang sangat tinggi, seperti fotografer profesional, videografer, atau pengguna dengan kebutuhan penyimpanan data yang besar. Namun, bagi pengguna umum yang tidak memerlukan kapasitas sebesar itu, SD card biasa masih merupakan pilihan yang baik dan lebih terjangkau.

Dalam memilih antara SDUC dan SD card biasa, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan penyimpanan data Anda dan apakah kapasitas dan kecepatan transfer yang lebih tinggi dari SDUC benar-benar kamu perlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *