Review Jujur Kelebihan dan Kekurangan Huawei Matebook D16 (2024)

By | 23 Januari 2024
Matebook D16 2024

Matebook D16 2024

Sukangulik – Huawei telah konsisten mempertahankan kehadiran seri Matebook di Indonesia, meskipun sebagian besar laptop mainstream di negara ini umumnya memiliki layar 14 inci. Penawaran terbaru dari Huawei, Matebook D16 (2024), melanjutkan tren ini, menghadirkan laptop mainstream dengan layar 16 inci ke pasar. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi apa yang baru dan menarik dari Huawei Matebook D16 dan juga kelebihan maupun kekuranganya.

Butuh referensi laptop sejenis tapi ada Vga Card nya? cek aja Lenovo IdeaPad Flex 5i

Review Huawei Matebook D16 (2024)

Desain Luar Biasa

Matebook D16 mempertahankan desain yang luas dan relatif ramping dari pendahulunya, dihiasi dengan warna mystic silver dan branding Huawei yang mencolok di bagian belakang. Keyboard dan frame berwarna hitam, mirip dengan Matebook sebelumnya, memberikan tampilan yang elegan. Konstruksi laptop ini, terpasang antara aluminium di bagian punggung dan bagian bawah serta polimer untuk frame utama dan bezel, menghasilkan salah satu laptop 16 inci paling ramping dan ringan di pasaran.

 

Matebook D16 tampak belakang

Layar 16 Inci yang Luas dan Nyaman

Layar full HD Plus Matebook D16 menawarkan kualitas yang sangat baik dengan 100% sRGB, cocok untuk pekerjaan sehari-hari dan pengeditan. Meskipun layar 16 inci memberikan resolusi yang baik, pengguna mungkin berharap Huawei menyediakan opsi resolusi Q HD untuk pengalaman visual yang lebih tajam. Layar dengan rasio 16:10 Golden ratio membuatnya nyaman digunakan untuk bekerja, membantu multitasking, dan mengurangi kelelahan mata selama sesi yang panjang.

Baca Juga  Lenovo Ideapad Flex 5i, Laptop Konvertibel Terjangkau dengan Spesifikasi Mumpuni

Konektivitas dan WiFi 6

Dalam hal konektivitas, Matebook D16 dilengkapi dengan port USB-A 2.0 di sebelah kanan, sementara di sebelah kiri terdapat port USB-C 3.2 multifungsi, USB-A 3.2 Gen 1, HDMI 1.4, dan combo audio jack. Meskipun satu lagi port USB-C dan slot kartu SD akan sangat berguna, laptop ini membedakan diri dengan teknologi WiFi 6 dilengkapi antena metaline, yang mengklaim sinyal kuat hingga jarak 270 meter, bahkan melalui beberapa rintangan.

Performa Tinggi dengan Prosesor Flagship

Matebook D16 tersedia dengan prosesor Intel Core i5 atau i9 generasi ke-13 seri H, menampilkan konfigurasi 14 core, 20 thread yang tangguh. Meskipun bukan laptop gaming, Matebook D16 memberikan performa yang sangat solid, terutama untuk aktivitas seperti pemutaran dan pengeditan video 4K. Sistem pendinginan ganda dengan dua kipas membantu menjaga suhu tetap optimal.

Matebook D16 Upgrade

Baterai Tahan Lama dan Fitur Tambahan

Dengan baterai 70Wh, Matebook D16 dapat memutar video YouTube selama lebih dari 11 jam dalam mode Battery Saver. Keyboard yang luas dan nyaman, dilengkapi dengan fitur F and lock, webcam Kill Switch, dan keyboard backlit dua tingkat, meningkatkan pengalaman pengguna. Fitur-fitur ekosistem Huawei, seperti Huawei Share, AI search, dan integrasi super device, memberikan nilai tambah bagi pengguna dengan perangkat Huawei lainnya.

Harga Huawei Matebook D16

Dengan segala spesifikasi dan fitur yang disematkan, laptop ini dijual dengan harga 13 jutaan untuk versi processor intel core i5, dan 17 jutaan untuk versi processor intel Core i9 nya.

Artikel yang sedang naik daun: 12 Kelebihan dan Kekurangan Axioo Hype 3 Review Jujur

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Matebook D16:

Kelebihan:

  1. Performa Solid: Dengan prosesor flagship, Matebook D16 memberikan performa di atas rata-rata untuk pengguna mainstream.
  2. Layar Luas dan Berkualitas Tinggi: Layar full HD Plus 16 inci dengan 100% sRGB menawarkan pengalaman visual yang memuaskan untuk pekerjaan dan hiburan. Terlebih lagi rasio layar sudah 16:10 yang mengakibatkan layar sedikit lebih tinggi daripada laptop pada umumnya.
  3. Desain Luar Biasa: Konstruksi ramping dan ringan dengan warna mystic silver yang khas dan branding Huawei yang mencolok.
  4. Letak Webcam yang sudah Ideal: Jika kita melihat seri matebook beberapa tahun belakangan letak kamera berada pada bagian bawah layar yang menyatu dengan papan keyboard sehingga mengakibatkan angle yang video/foto yang kita peroleh kurang ideal dan terkesan ndangak.
  5. Baterai sangat awet: pada penggunaan ringan laptop ini mampu kalian andalkan untuk bekerja lebih dari 8 jam.
Baca Juga  Review Lengkap Kelebihan dan Kekurangan Asus VivoBook Pro 15 OLED K6502Z

Kekurangan:

  1. Tidak Ada Opsi Resolusi Q HD: Meskipun layar full HD Plus bagus, beberapa pengguna mungkin merindukan opsi resolusi yang lebih tinggi.
  2. Keterbatasan Port Koneksi: Tidak adanya port USB-C tambahan dan slot kartu SD, yang bisa merepotkan bagi pengguna dengan banyak perangkat tambahan.
  3. Permukaan Hangat Selama Penggunaan Prolonged: Karena bukan laptop gaming, Matebook D16 mungkin terasa agak hangat selama sesi bermain game yang panjang.
  4. Tidak ada slot SSD Tambahan: Jika kalian ingin  upgrade maka harus mengganti SSD yang terpasang dengan ssd baru dengan kapasitas yang lebih besar, relatif lebih ribet dan mahal.
  5. Tidak bisa upgrade RAM: Ram yang terpasang pada laptop ini solderes (tidak bisa dilepas), jadi mungkin bagi sebagian pengguna merasa kurang puas karena tidak bisa di upgrade.

Kalo butuh laptop layar oled :  Asus VivoBook Pro 15 OLED K6502Z

Kesimpulan

Huawei Matebook D16 (2024) menjadi laptop 16 inci yang solid di segmennya. Dengan keseimbangan harga, performa, dan portabilitas, Matebook D16 cocok untuk pengguna mainstream yang mencari solusi produktivitas sehari-hari. Dengan fitur unik, layar yang besar, dan prosesor flagship, Matebook D16 menawarkan paket menarik. Apakah itu sepadan dengan investasi tergantung pada preferensi dan kebutuhan masing-masing pengguna.

 

Rekomendasi Tambahan:

  1. Pengguna Produktivitas: Cocok untuk pekerja dan pelajar yang membutuhkan laptop dengan layar besar untuk multitasking dan produktivitas sehari-hari.
  2. Pengguna Multimedia: Layar yang berkualitas tinggi dan speaker stereo yang memuaskan membuat pengalaman hiburan lebih baik.
  3. Pengguna Huawei Ecosystem: Bagi mereka yang sudah memiliki perangkat Huawei lainnya, fitur ekosistem seperti Huawei Share dan super device integration memberikan nilai tambah.
  4. Pengguna dengan Mobilitas Tinggi: Desain ringan dan ramping membuat Matebook D16 mudah dibawa-bawa untuk pengguna yang sering bepergian.
Baca Juga  5 Rekomendasi Laptop USB-C Terbaik ANTI MAHAL!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *