Review Lengkap Kelebihan dan Kekurangan Asus VivoBook Pro 15 OLED K6502Z

By | 29 April 2023
Laptop Asus Vivobook PRO 15 OLED

Laptop Asus Vivobook PRO 15 OLED

Asus VivoBook Pro 15 OLED K6502Z merupakan salah satu laptop yang tepat bagi pengguna yang membutuhkan performa tinggi untuk kebutuhan produktivitas dan multimedia. Laptop ini memiliki layar OLED 15,6 inci yang menawarkan kualitas gambar yang tajam dan jernih. Tak hanya itu, laptop ini juga memiliki prosesor AMD Ryzen 7 5800H dan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3050 Ti.

Asus VivoBook Pro 15 OLED K6502Z juga memiliki desain yang elegan dan ringan, membuatnya mudah untuk dibawa ke mana saja. Namun, seperti halnya produk elektronik lainnya, Asus VivoBook Pro 15 OLED K6502Z juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang kelebihan dan kekurangan dari laptop Asus VivoBook Pro 15 OLED K6502Z.

 

Baca Juga : Termurah! Review Kelebihan dan Kekurangan Laptop Advan Soulmate

 

Spesifikasi dan Fitur VivoBook Pro 15 OLED

Desain

Desain dari VivoBook Pro 15 OLED ini tidak terlalu berbeda dengan seri sebelumnya. Yang mana dengan logo VivoBook yang baru menandakan seri Creator. Laptop ini juga dapat anda buka dengan satu tangan karena bodinya cukup kuat dan kokoh.

Layar

VivoBook Pro 15 OLED menggunakan layar 15,6 inci dengan resolusi 2,8. Monitor laptop ini juga memiliki color gamut yang luas dan sertifikat yang sama dengan seri sebelumnya. Serta upgrade dari 90Hz menjadi 120Hz. Asus juga menempatkan 64 di bagian kanan monitor untuk Creator yang suka menggunakan 6 pet.

Fitur

VivoBook Pro 15 OLED sama seperti laptop productifity lainya. Laptop ini memiliki Fingerprint scanner yang ada pada power button dan mendukung Windows hello touchpad. Selain itu, laptop ini hadir dengan dua pilihan warna yaitu quiet blue dan cool silver. Kemudian port pada laptop ini juga cukup lengkap, terdapat dua USB Type-C. Yang mana dengan salah satu port mendukung Sunter Bold 4 dan satunya lagi mendukung PD dan DP. Selain itu, terdapat satu USB 3.2 Type-E, full HDMI 4, charging port, 3.2 Type Audio Jack, dan full size card reader. Hal ini akan yang sangat membantu bagi seorang content creator yang menggunakan kamera mirrorless.

Baca Juga  Lenovo Ideapad Flex 5i, Laptop Konvertibel Terjangkau dengan Spesifikasi Mumpuni

Performa

Dalam hal spesifikasi, laptop ini menggunakan prosesor Core i5 H series, RTX 3050, RAM 16GB DDR4 single channel yang dapat anda upgrade lagi menjadi 32GB dual channel, dan SSD 512GB PCI4. Performa laptop ini memang belum sebanding dengan laptop creator lain dengan harga yang sama, namun performa yang konsisten di skor 1600-an layak untuk anda pertimbangkan. Hasil rendering di Adobe Premiere Pro memakan waktu yang cukup lama, namun setelah melakukan upgrade RAM menjadi 32GB dual channel, performanya meningkat sekitar 5%. Performa grafiknya juga tidak terlalu mencolok, terutama di game esport seperti Dota 2. Perbedaan paling mencolok adalah render time di Adobe Premiere Pro, di mana render time-nya bisa berbeda setengahnya setelah upgrade RAM menjadi dual channel.

Laptop ini lengkap dengan sistem pendingin dua fan dan dua heat pipe untuk CPU dan GPU-nya. CPU-nya hanya mencapai 80 derajat Celsius dalam penggunaan normal dan tidak berbeda jauh ketika diuji di Blender. Dengan harga belasan juta, Asus VivoBook Pro 15 OLED (K6502Z) menjadi alternatif yang cukup menarik bagi para Creator yang membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang mumpuni namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Benchmark

Performa Asus VivoBook Pro 15 OLED sangat terasa ketika digunakan untuk rendering video pada Adobe Premiere Pro. Namun, waktu yang anda perlukan untuk rendering terbilang cukup lama, bahkan lebih lama ketika anda menggunakan laptop gaming dengan spesifikasi yang sama. Untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan cara menambah kapasitas RAM menjadi 32GB dual channel dengan tambahan satu keping RAM 16GB dari Apacer. Hasilnya, performa laptop meningkat sekitar 5% dan terlihat perbedaan signifikan pada skor benchmark 3D mark.

Baca Juga  Review Jujur Kelebihan dan Kekurangan Huawei Matebook D16 (2024)

Namun, performa yang paling menonjol terdapat pada CPU. Ketika anda gunakan untuk game, terdapat perbedaan frame rate yang signifikan. Perbedaan tersebut ada pada single channel dan dual channel, terutama pada game esport seperti Dota 2. Namun, pada game Dark 5 perbedaan tersebut tidak terasa, kemungkinan karena game tersebut lebih dipengaruhi oleh GPU.

Asus VivoBook Pro 15 OLED (K6502Z) juga lengkap dengan sistem pendingin yang terdiri dari 2 fan dan 2 heat pipe untuk CPU dan GPU. Dengan sistem pendinginan ini, suhu CPU maksimal hanya mencapai 80 derajat Celsius saat digunakan untuk rendering video.

 

Kelebihan dan Kekurangan VivoBook Pro 15 OLED

Kelebihan :

  1. Layar OLED : VivoBook Pro 15 OLED memiliki layar OLED, yang menawarkan gamut warna yang lebih luas dan kontras yang lebih tinggi. Hal ini berbeda jauh dengan layar LCD tradisional. sehingga membuat gambar dan video terlihat lebih hidup dan detail.
  2. Performa yang baik : Laptop ini lengkap dengan prosesor Intel Core i7 dan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1650. Sehingga hal ini akan memberikan performa yang baik untuk tugas-tugas yang berat seperti gaming dan rendering video.
  3. Desain yang ramping : Laptop ini memiliki desain yang ramping dan ringan, dengan ketebalan hanya 1,79 cm dan berat sekitar 1,9 kg. Ini membuat laptop ini mudah dibawa-bawa dan cocok untuk penggunaan sehari-hari.
  4. Koneksi yang lengkap : Laptop ini memiliki berbagai macam port, termasuk USB Type-C, USB 3.2, HDMI, dan jack audio 3,5 mm, yang memungkinkan Anda untuk terhubung dengan perangkat-perangkat yang berbeda dengan mudah.

Kekurangan :

  1. Harga yang cukup tinggi : VivoBook Pro 15 OLED adalah laptop yang cukup mahal. Sehingga laptop ini tidak cocok untuk orang yang memiliki anggaran terbatas.
  2. Kinerja baterai yang terbatas : Meskipun laptop ini meiliki baterai 70 Wh. Namun, daya tahan baterai laptop ini masih terbatas dan hanya bertahan selama sekitar 5 jam dengan penggunaan yang normal.
  3. Tidak ada kamera IR : Laptop ini tidak memiliki kamera IR, yang berarti Anda tidak dapat menggunakan fitur Windows Hello untuk membuka laptop dengan wajah.
  4. Ruang penyimpanan yang terbatas : Laptop ini hanya memiliki SSD sebesar 512GB. Sehingga, Mungkin Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menambahkan ruang penyimpanan eksternal jika membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.
Baca Juga  5 Rekomendasi Laptop USB-C Terbaik ANTI MAHAL!

 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Laptop USB-C Terbaik ANTI MAHAL!

 

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Asus VivoBook Pro 15 OLED (K6502Z) dapat dikatakan sebagai laptop yang cocok untuk para content creator. Pasalnya, laptop ini akan memberikan performa yang baik namun dengan harga yang lebih terjangkau daripada laptop Pro Art Studio Book dari Asus. Dengan spesifikasi yang ada pada laptop ini, cocok anda gunakan untuk melakukan tugas-tugas editing video, animasi, dan rendering. Namun, performa gaming dari laptop ini terbilang sedikit di bawah ekspektasi, sehingga mungkin tidak cocok untuk para gamer yang mengutamakan performa gaming yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *