Revolusi Ajaib! Inilah Sejarah Lengkap Komputer Generasi Keempat

By | 11 Mei 2023
Komputer Generasi Keempat

Komputer Generasi Keempat

Komputer adalah salah satu teknologi terpenting yang memainkan peran penting dalam kehidupan kita saat ini. Setiap tahun, teknologi komputer terus berkembang, dan setiap generasi komputer memiliki karakteristik uniknya. Salah satu generasi komputer yang menarik untuk dibahas adalah komputer generasi keempat. Pembuatan komputer generasi keempat sekitar era 1970-an hingga 1980-an. Pada saat itu, komputer menggunakan teknologi berbasis mikroprosesor. Kemudian pada era ini juga banyak yang mengenal sebagai komputer personal atau PC (Personal Computer).

Pada artikel ini kami akan membahas sejarah, perkembangan, dan tantangan dalam pengembangan komputer generasi keempat.

 

Sejarah Komputer Generasi Ke 4

Penemuan Transistor

Sejarah komputer generasi ke 4 mulai pada tahun 1947, ketika penemuan transistor pertama kali. Transistor adalah salah satu komponen elektronik penting yang memiliki kegunaan dalam pembuatan sirkuit elektronik. Transistor memiliki kegunaan sebagai pengganti tabung vakum pada komputer generasi sebelumnya.

Munculnya Mikroprosesor

Pada tahun 1971, Intel memperkenalkan mikroprosesor pertama mereka, Intel 4004. Mikroprosesor adalah komponen utama dalam pembuatan komputer angkatan keempat. Mikroproses

Konsep Jaringan Komputer

Selain penggunaan mikroprosesor, konsep jaringan komputer juga menjadi salah satu inovasi terpenting dalam perkembangan komputer generasi keempat. Pada akhir 1970-an, ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) yang terus berkembang sebagai salah satu jaringan komputer pertama dunia. Jaringan ini kemudian menjadi cikal bakal pengembangan internet yang kita kenal saat ini.

 

Perkembangan Teknologi Komputer Generasi Keempat

Penggunaan Sistem Operasi

Salah satu perkembangan penting dalam teknologi komputer era ini adalah penggunaan sistem operasi. Sistem operasi adalah software yang berfungsi sebagai penghubung antara hardware dan software pada komputer. Sistem operasi yang paling terkenal pada era ini adalah DOS (Disk Operating System) dan Windows.

Perkembangan Komputer Desktop

Perkembangan teknologi juga memungkinkan komputer era ini menjadi lebih kecil dan efisien. Komputer desktop mulai diperkenalkan pada akhir 1970-an dan menjadi salah satu jenis komputer yang paling populer pada era komputer generasi keempat. Komputer desktop juga semakin terjangkau harganya, sehingga semakin banyak orang yang dapat membelinya.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Merakit PC Sendiri

Penggunaan Internet

Pada awal 1990-an, internet mulai dikenal secara luas di seluruh dunia. Internet memungkinkan pengguna komputer angkatan keempat untuk terhubung dengan orang lain di seluruh dunia dan mengakses informasi dengan lebih mudah. Internet juga memungkinkan pengembangan aplikasi dan layanan baru, seperti e-commerce, media sosial, dan lain-lain.

 

Ciri-ciri Komputer Generasi Keempat

Ciri khas komputer enerasi keempat adalah menggunakan mikroprosesor sebagai otak dari komputer. Mikroprosesor adalah IC (Integrated Circuit) yang digunakan sebagai sirkuit pusat dari komputer. Selain itu, komputer angkatan keempat juga memiliki fitur seperti keyboard, mouse, dan monitor. Komputer generasi keempat juga memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan lebih efisien daripada komputer angkatan sebelumnya.

Mikroprosesor

Komputer angkatan keempat dilengkapi dengan mikroprosesor yang memungkinkan penggunaannya di berbagai perangkat, seperti komputer desktop, laptop, tablet, dan smartphone. Mikroprosesor tersebut terdiri dari ribuan transistor kecil yang terintegrasi pada chip tunggal, sehingga memungkinkan pemrosesan data yang lebih cepat dan efisien.

Kecerdasan Buatan

Komputer angkatan keempat juga memiliki kemampuan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), yang memungkinkan mesin untuk belajar, mengenali pola, dan membuat keputusan berdasarkan data yang telah dianalisis.

Kemampuan Konektivitas yang Tinggi

Komputer angkatan keempat juga memiliki kemampuan konektivitas yang tinggi, seperti WiFi, Bluetooth, dan 5G, sehingga memungkinkan penggunaannya untuk terhubung dengan jaringan internet dan perangkat lainnya dengan mudah.

Pemrosesan Data yang Cepat

Komputer angkatan keempat memiliki kecepatan pemrosesan data yang sangat cepat, sehingga memungkinkan mesin untuk menyelesaikan tugas dalam waktu singkat.

Komputasi Paralel

Komputer angkatan keempat juga memiliki kemampuan komputasi paralel, yang memungkinkan mesin untuk memproses banyak tugas secara bersamaan, sehingga meningkatkan efisiensi dan kecepatan pemrosesan data.

Desain yang Lebih Kecil dan Portabel

Komputer pada era ini memiliki rancangan dengan ukuran yang lebih kecil dan portabel, sehingga memungkinkan penggunaannya pada berbagai perangkat, seperti laptop, tablet, dan smartphone.

Kemampuan untuk Menangani Data Besar

Komputer pada era ini memiliki kemampuan untuk menangani data besar dan memprosesnya dalam waktu yang sangat singkat, sehingga sangat berguna untuk aplikasi yang membutuhkan analisis data, seperti big data dan machine learning.

Interaksi Manusia-Komputer yang Lebih Intuitif

Komputer pada era ini juga lengkap dengan antarmuka yang lebih intuitif, seperti layar sentuh dan pengenalan suara, sehingga memudahkan interaksi manusia-komputer dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Contoh komputer generasi ke-4 yang terkenal adalah:

IBM PC

IBM PC  (1981) adalah salah satu komputer paling populer dan menjadi standar industri pada masanya. Komputer ini menggunakan mikroprosesor Intel 8088 dan mendukung sistem operasi MS-DOS yang memungkinkan pengguna untuk mengakses perangkat lunak yang lebih banyak dan mudah digunakan.

Apple Macintosh

Apple Macintosh (1984)adalah komputer pertama yang menggunakan antarmuka grafis pengguna (GUI – Graphical User Interface) yang mudah digunakan dan mendukung mouse sebagai alat masukan. Komputer ini menggunakan prosesor Motorola 68000 dan sistem operasi Mac OS.

Cray-1

Cray-1 (1976) adalah komputer super yang didesain khusus untuk pemrosesan ilmiah dan teknik. Komputer ini dapat melakukan pemrosesan 80 juta operasi per detik serta memori yang besar dan sistem operasi yang dikembangkan khusus untuk pemrosesan paralel.

Connection Machine

Connection Machine (1983) adalah komputer paralel yang didesain untuk pemrosesan data yang sangat besar dan kompleks. Komputer ini dapat memproses jutaan instruksi secara bersamaan serta dukungan sistem operasi dan bahasa pemrograman khusus untuk pemrosesan paralel.

Fujitsu VP

Fujitsu VP (1984) adalah salah satu komputer vektor super yang dikembangkan untuk memproses data ilmiah dan teknis dengan kecepatan tinggi. Komputer ini dapat memproses jutaan operasi per detik dan dilengkapi dengan memori besar dan sistem operasi khusus. Komputer ini digunakan di banyak laboratorium riset dan industri.

 

Peran Komputer Generasi Keempat dalam Kehidupan Manusia

a. Bidang Pendidikan

Komputer pada era ini telah memainkan peran penting dalam dunia pendidikan. Para siswa dapat menggunakan komputer untuk mengakses sumber belajar secara online dan melakukan tugas dengan lebih mudah. Komputer juga digunakan dalam pengembangan aplikasi pembelajaran dan permainan edukatif.

b. Bidang Ekonomi

Komputer juga telah menjadi alat yang penting dalam dunia bisnis. Dalam bisnis, komputer memungkinkan untuk mengelola data, mengembangkan strategi pemasaran, dan melakukan transaksi dengan lebih efisien. Selain itu, komputer pada era ini memiliki kegunaan dalam pengembangan aplikasi bisnis, seperti sistem manajemen inventaris, sistem keuangan, dan lain-lain.

c. Bidang Industri

Komputer pada era ini juga memainkan peran penting dalam dunia industri. Pada bidang ini komputer digunakan dalam proses desain, produksi, dan manufaktur. Komputer juga digunakan dalam pengembangan teknologi dan inovasi baru, seperti komputer vision, AI, dan lain-lain.

d. Bidang Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, komputer era ini memungkinkan pengguna untuk melakukan diagnosis penyakit, pengolahan data medis, dan mengembangkan teknologi medis yang lebih canggih.

Baca Juga  Sejarah Komputer Generasi Kedua dan Dampaknya pada Dunia Komputasi

e. Hiburan

Di bidang hiburan, komputer era ini memberikan pengalaman baru bagi pengguna dalam menikmati game, multimedia, dan berbagai hiburan lainnya.

 

Kelebihan dan Kekurangan Komputer Generasi ke Empat

Seperti teknologi lainnya, komputer generasi ke empat memiliki kelebihan dan kekurangan. Komputer Generasi ke-4 atau komputer masa depan merupakan era perkembangan teknologi komputer yang paling modern. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari Komputer Generasi ke-4:

Kelebihan

1. Kinerja yang Sangat Cepat

Komputer periode keempat memiliki kecepatan pemrosesan data yang sangat tinggi sehingga mampu menyelesaikan tugas dalam hitungan detik.

2. Kemampuan Konektivitas yang Tinggi

Komputer periode keempat memiliki kemampuan konektivitas yang sangat baik, sehingga memungkinkan penggunanya untuk terhubung dengan jaringan internet dan perangkat-perangkat lain dengan mudah.

3. Kemampuan Kognitif

Komputer periode keempat memiliki kemampuan kognitif seperti kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan mesin untuk belajar, mengenali pola, dan membuat keputusan berdasarkan data.

4. Ukuran yang Lebih Kecil

Komputer periode keempat memiliki ukuran yang lebih kecil daripada komputer generasi sebelumnya, sehingga dapat digunakan berbagai perangkat seperti smartphone, laptop, dan tablet.

5. Kemampuan untuk Menangani Data Besar

Komputer periode keempat memiliki kemampuan untuk menangani data besar dalam jumlah yang sangat besar dan memprosesnya dalam waktu yang sangat singkat.

Kekurangan

1. Biaya yang Tinggi

Karena teknologi yang sangat canggih, biaya untuk memproduksi komputer generasi ke-4 sangat tinggi sehingga hanya sedikit orang yang mampu membelinya.

2. Teknologi yang Sulit Dipelajari

Karena teknologinya yang sangat canggih, penggunaan komputer generasi ke-4 membutuhkan keterampilan dan pengetahuan teknis yang cukup tinggi, sehingga membuatnya sulit untuk sebagian orang pelajari.

3. Risiko Keamanan

Dengan kemampuan konektivitas yang tinggi dan kemampuan kognitif seperti kecerdasan buatan, Komputer periode keempat rentan terhadap serangan siber dan kejahatan cyber, sehingga membutuhkan perlindungan yang sangat baik.

4. Ketergantungan Pada Listrik

Komputer periode keempat membutuhkan listrik yang sangat stabil dan cukup besar untuk beroperasi, sehingga rentan terhadap gangguan listrik dan membutuhkan sistem cadangan untuk mencegah kegagalan sistem.

5. Dampak Lingkungan

Komputer periode keempat menggunakan bahan-bahan yang sulit didaur ulang dan memiliki dampak lingkungan yang cukup besar, seperti polusi udara dan limbah elektronik.

 

Kesimpulan

Komputer generasi ke empat adalah tonggak sejarah penting dalam perkembangan teknologi komputer. Karakteristiknya yang canggih, perkembangan yang pesat, dan penggunaannya yang luas, menjadikan komputer generasi ke empat sebagai fondasi bagi teknologi komputer yang lebih canggih dan efisien di masa depan.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *